- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Yuk Simak Obat Alami Atasi Diabetes, Yang Lagi Viral Dianggap Silent Killer!

  • Bagikan
Gula dan alat cek gula darah. (Foto : pixabay)

7. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan. Kunyit juga memiliki manfaat sebagai obat alami atasi diabetes. Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kurkumin juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit 250-2000 mg per hari selama 2-9 bulan dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan gula darah dua jam setelah makan pada pasien diabetes tipe 2. Kunyit juga dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes seperti retinopati, nefropati, dan neuropati.

Baca Juga :  Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Indonesia yang Kaya Manfaat Kesehatan

Anda dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk bubuk, teh, atau kapsul sesuai dengan dosis yang disarankan. Namun, jangan mengonsumsi kunyit jika Anda memiliki gangguan empedu, hamil, atau menyusui.

8. Pare

Pare adalah sayuran yang memiliki rasa pahit dan tidak disukai oleh banyak orang. Namun, pare memiliki sifat antidiabetes yang ampuh mengatasi penyakit gula darah berlebih ini, terutama diabetes tipe 2. Pare mengandung senyawa aktif seperti peptida, alkaloid, charantin, dan vicine yang dapat meningkatkan pelepasan insulin dan melawan resistensi insulin.

Baca Juga :  Selain Enak, Ikan Gabus Dapat Bermanfaat Untuk Penyembuhan Luka Pasien Diabetes!

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi pare 50-100 ml per hari selama 3 bulan dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan gula darah dua jam setelah makan pada pasien diabetes tipe 2. Pare juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang berlebihan akibat diabetes.

Anda dapat mengonsumsi pare dalam bentuk jus, sayur, atau kapsul sesuai dengan dosis yang disarankan. Namun, jangan mengonsumsi pare jika Anda memiliki gangguan pencernaan, hamil, atau menyusui.

Baca Juga :  Hindari Penggunaan Bahan Ini untuk Mengobati Luka Bakar

Itulah beberapa obat alami atasi diabetes yang dapat Anda coba. Namun, ingatlah bahwa obat alami ini bukan pengganti dari obat dokter. Anda tetap harus mengikuti saran dan resep dokter untuk mengendalikan gula darah Anda. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan sehat dan berolahraga secara teratur untuk mencegah komplikasi diabetes.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan