- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Simak Tips Antisipasi Terhindar dari Kebocoran Kredensial Internet Banking

  • Bagikan
Gambaran kejahatan kredensial perbankan. (Foto: istock)

Indo1.id – Internet banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses melalui internet dengan menggunakan perangkat seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone.

Internet banking memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer, bayar tagihan, beli pulsa, dan lain-lain.

Namun, internet banking juga memiliki risiko keamanan yang harus diwaspadai, salah satunya adalah kebocoran kredensial.

Baca Juga :  Lima Aplikasi Cek Kolesterol untuk Smartphone yang Bisa Diunduh

Kredensial adalah data pribadi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengotentikasi pengguna internet banking, seperti username, password, PIN, nomor rekening, dan nomor kartu ATM.

Kebocoran kredensial dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti serangan hacker, phishing, malware, keylogger, atau kelalaian pengguna.

Jika kredensial bocor dan jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, maka akun internet banking dapat dibobol dan uang di rekening dapat diambil.

Baca Juga :  Lakukan Cara Ini Agar Tidak Berurusan Dengan Debt Collector

Untuk mengantisipasi dan terhindar dari kebocoran kredensial internet banking, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

– Ganti kredensial secara berkala. Jangan menggunakan kredensial yang sama untuk semua akun internet banking atau layanan online lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan