- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Viral Netizen Bandingkan Lampu Penerangan Jalan di Depok dan Bekasi, Mana yang Lebih Terang?

  • Bagikan
Tangkapan layar video kritikan netizen terhadap lampu penerangan Jalan di kota depok. (Foto: x @txtdrbekasi)

Indo1.id – Lampu penerangan jalan umum (PJU) merupakan salah satu fasilitas publik yang penting untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan.

Namun, tidak semua daerah memiliki PJU yang memadai dan merata. Hal ini terlihat dari perbandingan lampu penerangan jalan di Kota Depok dan Kota Bekasi yang belakangan ini menjadi viral di media sosial.

Beberapa netizen mengunggah foto-foto yang menunjukkan perbedaan kondisi lampu penerangan jalan di kedua kota tersebut.

Dari foto-foto tersebut, tampak bahwa jalan-jalan di Kota Bekasi lebih terang dibandingkan dengan Kota Depok.

Banyak netizen yang memuji Pemerintah Kota Bekasi yang telah berhasil membenahi masalah penerangan jalan umum di wilayahnya.

“Salut sama Pemkot Bekasi yang sudah bikin jalan-jalan di sini terang benderang. Beda banget sama Depok yang gelap gulita. Padahal Depok itu mitra DKI Jakarta loh, harusnya bisa lebih baik,” tulis salah satu netizen di Twitter.

Baca Juga :  Unggah Foto Syahnaz Dan Jeje Beserta Anak Kembarnya, Amy Qanita Kena Nyinyir Netizen 'Anak Perempuannya Suruh Tobat Bu'

“Kota Bekasi memang juara. Lampu PJU nya banyak dan terang. Kalau di Depok, lampu PJU nya sedikit dan redup. Apalagi di jalan lingkungan, gelap banget. Harusnya Pemkot Depok belajar dari Pemkot Bekasi,” tulis netizen lainnya.

Namun, ada juga netizen yang membela Kota Depok dengan berbagai alasan. Ada yang mengatakan bahwa Kota Depok sengaja memasang lampu PJU yang lebih redup di jalan permukiman untuk menghemat energi dan mengurangi polusi cahaya.

Ada juga yang mengatakan bahwa Kota Depok memiliki banyak pohon yang menutupi lampu PJU sehingga membuat jalan terlihat lebih gelap.

“Kota Depok itu lebih peduli lingkungan. Lampu PJU nya di jalan permukiman sengaja dipasang lebih redup supaya tidak boros listrik dan tidak mengganggu tidur warga. Kalau di Bekasi, lampu PJU nya terlalu terang sampai menyilaukan mata. Apalagi kalau hujan, bisa bahaya,” tulis netizen yang pro Depok.

“Kota Depok itu lebih hijau. Banyak pohon yang rindang dan sejuk. Makanya lampu PJU nya tidak terlihat terang karena tertutup pohon. Kalau di Bekasi, pohonnya sedikit dan gersang. Lampu PJU nya terlihat terang karena tidak ada yang menutupi. Tapi itu bukan berarti lebih baik,” tulis netizen lainnya.

Baca Juga :  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Menampik Tuduhan Membela Pondok Pesantren Al Zaytun

Fakta di Balik Perbandingan

Lantas, apa sih fakta di balik perbandingan lampu penerangan jalan di Depok dan Bekasi ini?

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa fakta yang perlu diketahui:

– Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Penerangan Jalan Umum (UPT PJU) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Yoga Parlindungan Pulungan, Kota Depok menambah sekitar 500 lampu PJU per tahun.

Namun, dari total panjang ruas jalan sekitar 4.000 kilometer, baru terpasang 37.853 unit PJU yang menyebar di 11 kecamatan. Dari jumlah tersebut, sekitar 20% rusak dan belum diperbaiki.

– Yoga juga menjelaskan, perbedaan daya lampu PJU di Depok dan Bekasi disesuaikan dengan lokasi penempatan.

Baca Juga :  Selain Pencipta Lagu Ternyata Aryo Kempes Juga Seorang Pedagang Ikan Asin di Pasar Kobong Semarang.

Lampu PJU di jalan protokol seperti Jalan Margonda menggunakan LED 120 watt, sedangkan lampu PJU di jalan permukiman menggunakan daya 25 sampai 35 watt.

Hal ini dilakukan untuk menghemat energi dan mengurangi polusi cahaya.

– Menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kota Bekasi membutuhkan 80.000 PJU untuk menerangi seluruh ruas jalan di wilayahnya.

Namun, saat ini baru terpasang sekitar 40.000 PJU yang menyebar di 12 kecamatan.

Dari jumlah tersebut, sekitar 20% juga rusak dan belum diperbaiki.

– Rahmat juga mengatakan, pemasangan lampu PJU di Bekasi dilakukan secara bertahap dengan target tahun 2023 sudah tidak gelap.

Pada tahun 2021, Pemkot Bekasi menambah 2.645 unit PJU yang menyebar di setiap kecamatan. Pada tahun 2022, Pemkot Bekasi berencana menambah 450 PJU di Jalan Siliwangi, Kecamatan Bantargebang, dengan bantuan dana dari APBD DKI Jakarta sebesar Rp 2,5 miliar.

  • Bagikan