Sejarah Dota 2, Dari Mod Warcraft III Hingga Game MOBA Terpopuler

  • Bagikan
Tampilan in game DotA 2, game populer sepanjang masa. (Foto: Dota 2)

Valve juga menyatakan bahwa Dota 2 akan menggunakan mesin game buatan mereka sendiri, yaitu Source, dan akan tersedia secara gratis melalui platform distribusi digital mereka, yaitu Steam.

Dota 2 pertama kali ditampilkan pada acara Gamescom 2011, di mana Valve mengadakan turnamen yang disebut The International, yang menampilkan 16 tim profesional dari seluruh dunia yang berkompetisi untuk memperebutkan hadiah sebesar $1,6 juta.

Turnamen ini menjadi salah satu acara esports terbesar pada saat itu, dan menarik banyak perhatian dari media dan publik.

Dota 2 kemudian memasuki tahap beta tertutup pada tahun yang sama, dan dibuka untuk umum pada tahun 2012.

Dota 2 akhirnya dirilis secara resmi pada tanggal 9 Juli 2013, setelah menjalani tahap beta selama hampir dua tahun.

Dota 2 mendapat sambutan yang sangat positif dari kritikus dan pemain, yang memuji gameplay, kualitas, dan kesetiaan Dota 2 terhadap DotA.

Baca Juga :  Prediksi juara Indonesian Idol 2023, Salma Atau Nabilah Ya? Yuk Intip Statistik Penampilan Mereka Berdua!

Dota 2 juga menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan di Steam, dengan rata-rata lebih dari 500 ribu pemain aktif setiap hari.

Dota 2 juga menjadi salah satu game esports terbesar di dunia, dengan menggelar turnamen The International setiap tahun, yang memiliki hadiah yang terus meningkat hingga mencapai lebih dari $34 juta pada tahun 2019.

Baca Juga :  Hasil Top 4 Indonesian Idol 2023 Tadi Malam, Paul Harus Tersingkir Dari Panggung Spektakuler Show

Kesimpulan

Dota 2 adalah game MOBA yang merupakan sekuel dari DotA, sebuah mod yang dibuat untuk game Warcraft III.

Dota 2 memiliki gameplay yang mirip dengan DotA, yaitu dua tim yang beranggotakan lima pemain saling bertarung untuk menghancurkan markas lawan yang disebut Ancient.

  • Bagikan