- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Presiden Jokowi : Rancangan RPJPN 2025-2045 Adalah Panduan Meraih Cita-cita Indonesia Emas!

  • Bagikan
Presiden Jokowi resmikan RPJPN 2025-2045 untuk Indonesia Emas. (Foto : Twitter @jokowi)

Indo1.id – Presiden Joko Widodo meluncurkan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045 di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Rancangan RPJPN ini merupakan dokumen perencanaan pembangunan 20 tahunan yang disusun oleh Kementerian PPN/Bappenas untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Visi Indonesia Emas 2045 adalah cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia dengan pendapatan per kapita mencapai 23.000-30.300 dollar Amerika Serikat pada 2045.

Baca Juga :  Aplikasi Cek Penerima Bansos 2023, Pastikan Dirimu Terdaftar Dengan Mudah!

Selain itu, Indonesia juga ingin menjadi negara yang memiliki kepemimpinan dan pengaruh yang kuat di dunia internasional, dengan kemiskinan mendekati 0 persen dan ketimpangan berkurang.

Untuk mencapai visi tersebut, Rancangan RPJPN 2025-2045 telah merumuskan delapan agenda pembangunan dan 17 arah pembangunan yang diukur melalui 45 indikator utama pembangunan.

Salah satu agenda pembangunan yang menjadi prioritas adalah industrialisasi sebagai strategi untuk membangkitkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Rancangan RPJPN yang ia luncurkan hari ini akan menjadi panduan bagi bangsa Indonesia untuk menggapai cita-cita Indonesia emas pada 2045.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Tegaskan Jajaran ASN Untuk Hindari Sifat Jemawa, Dan Pamer Kekuasaan.

Ia juga menekankan pentingnya stabilitas bangsa yang terjaga, keberlanjutan dan kesinambungan pembangunan, serta sumber daya manusia yang berkualitas.

“Indonesia emas tidak bisa hadir otomatis, tapi sekali lagi butuh direncanakan dengan baik, butuh fokus yang sama, butuh panduan, butuh haluan.

Sehingga saya harap RPJPN yang diluncurkan dapat jadi pedoman kita bersama,” kata Jokowi.

Baca Juga :  TotokTowels: Noel Itu Siapa ? Relawan Ganjar (GP) Mania Mau Bubar, Bubar Aja, Ga Usah Tebar Narasi!

Ia juga menambahkan bahwa sebaik apapun pedoman yang sudah ada, perencanaan akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan kemampuan eksekusi yang baik.

Oleh karena itu, demi mencapai Indonesia emas 2024, ia menilai perlu eksekusi yang cerdas beserta kepemimpinan yang cerdas dan kuat.

“(Kepemimpinan) yang berani dan pandai mencari solusi dan yang punya nyali, tapi jangan bicara pilpres di forum ini, nanti di forum yang lain saja,” ujar Jokowi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan