- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Burung Perkutut, Antara Mitos dan Kenyataan: Apakah Benar Bisa Berubah Menjadi Ular?

  • Bagikan
Burung Perkutut. Foto: Facebook Pilar Perkutut.

Indo1.id – Burung perkutut, dengan pesonanya yang khas dan berbagai mitos yang mengitarinya, telah menjadi bagian integral dari budaya Jawa dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Di tengah kisah-kisah yang mengagumkan tentang keberuntungan dan pesugihan, muncul pula cerita yang cukup menarik: kemampuan burung perkutut untuk berubah menjadi ular.

Mitos ini telah tersebar luas di kalangan pecinta burung perkutut dan masyarakat umum.

Konon, jika seseorang melihat atau menangkap burung perkutut yang tiba-tiba berubah menjadi ular, ada langkah-langkah yang harus diambil untuk mengembalikannya ke bentuk semula.

Salah satunya adalah dengan menggosok tubuh ular tersebut atau menempatkannya di tanah berdebu, sehingga efek kamuflase yang membuatnya terlihat seperti ular akan hilang, dan burung perkutut pun akan kembali muncul.

Baca Juga :  Penjelasan Ilmiah Terkait Mitos Menabrak Kucing Hitam

Tetapi, seberapa benarkah mitos ini?

Hingga saat ini, belum ada bukti yang meyakinkan tentang kemampuan burung perkutut untuk berubah wujud menjadi ular secara fisik.

Meskipun demikian, ada faktor-faktor yang mungkin memperkuat kepercayaan akan mitos tersebut.

Salah satunya adalah penampilan fisik burung perkutut yang memang memiliki kesamaan dengan ular, terutama pada corak bulunya yang menyerupai sisik ular.

Baca Juga :  Mitos dan Keistimewaan Keris Condong Campur: Legenda Pusaka Majapahit!

Ketika burung perkutut merasa terancam atau dalam situasi yang mengganggu, mungkin saja mereka menggunakan kemampuan untuk bersembunyi atau berkamuflase, mirip dengan yang dilakukan oleh ular.

  • Bagikan