- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal, Optimis MK Putuskan Sistem Proporsional Terbuka!

  • Bagikan
Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal dalam sebuah seminar.(foto: instagram @cucunsyamsurijal)

Indo1.id – Mahkamah Konstitusi (MK) segera putuskan hasil judicial review sistem Pemilu 2024.

Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, dalam pandangannya yakin MK akan memutuskan  sistem pemilu tetap proporsional terbuka.

“Proses pemilu sudah berjalan, maka kami yakin dengan pertimbangan yang penuh dengan kebijaksanaan hakim akan melihat realitas bahwa pesta demokrasi dengan sistem yang sudah berjalan ini akan dilihat, dan sistem terbuka akan dipertahankan,” terang Cucun kepada awak media, Selasa 23 Mei 2023.

Baca Juga :  Denny Indrayana: Tidak Ada Bocoran Rahasia Negara Terkait Rumor Putusan MK

Jika sistem pemilu berubah jadi proporsional tertutup, maka dia menduga akan terjadi kegaduhan. Saat ini, tahapan pemilu sedang berjalan dan partai telah mendaftarkan bakal calon legislatif.

“Jangan sampai di ujung sudah mulai tahapan pemilu, persiapan parpol berbulan-bulan menjadi suatu kegaduhan,” sambungya.

Meskipun begitu, Ketua Fraksi PKB DPR RI ini juga memprediksi MK tak mungkin memutuskan sistem pemilu menggunakan sistem campuran.

Baca Juga :  Sistem Pemilu 2024 Tetap Proporsional Terbuka, Ini Alasan dan Pesan MK!

“Keyakinan kami, tidak ada sistem campuran, suatu produk hukum yang tidak ada kepastian. Insyaallah Yang Mulia di MK akan membuat putusan yang membuat tatanan perpolitikan sejuk,” prediksinya.

Sementara, MK menegaskan sidang pemeriksaan judicial review soal sistem pemilu sudah selesai dilaksanakan. Dalam waktu dekat, MK akan memutuskan nasib sistem pemilu 2024, apakah proporsional terbuka, proporsional tertutup atau menggunakan model baru/campuran.

Baca Juga :  Hasto Ungkap Tanda-tanda Parpol Yang Akan Berkoalisi Dengan PDIP Di Pilpres 2024

“Ini adalah sidang terakhir,” kata Wakil Ketua MK, Saldi Isra dalam sidang terbuka yang disiarkan channel YouTube MK, Selasa 23 Mei 2023.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan