- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Sistem Pemilu 2024 Tetap Proporsional Terbuka, Ini Alasan dan Pesan MK!

  • Bagikan
Ketua MK Anwar Usman saat membacakan amar putusan uji materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sistem proposional terbuka, Kamis (15/06) di Ruang Sidang MK. (Foto: Humas MK)

Indo1.id – Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan perkara uji materi pasal-pasal dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mengatur tentang sistem pemilu proporsional terbuka.

Dalam putusannya yang dibacakan pada Kamis (15/6/2023), MK menolak permohonan para pemohon yang menginginkan sistem pemilu proporsional tertutup.

Dengan demikian, sistem pemilu untuk Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka, di mana setiap pemilih bisa langsung mencoblos calon anggota legislatif (caleg) yang diusung oleh partai politik (parpol) peserta pemilu.

Baca Juga :  Sistem Pemilu Tertutup ? Seperti Balik Era Orba !

MK menilai bahwa sistem proporsional terbuka tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa diperbaiki tanpa mengubah sistemnya.

Alasan MK menolak permohonan para pemohon antara lain adalah:

• Sistem proporsional terbuka memberikan kesempatan kepada pemilih untuk memilih caleg sesuai dengan preferensi dan aspirasinya, sehingga lebih demokratis dan partisipatif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan