Tiga Pasang Capres-Cawapres Teken Komitmen Pemilu Damai di Bawaslu

  • Bagikan
Ketiga Pasang Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam acara Deklarasi Komitmen Damai di Bawaslu RI. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Metro TV)

Indo1.id  – Tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung di Pemilu 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menandatangani komitmen pemilu damai di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Deklarasi tersebut dilakukan dalam Rakornas Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Komitmen pemilu damai ini merupakan tindak lanjut dari deklarasi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari yang sama.

Dalam komitmen tersebut, ketiga pasang capres-cawapres menyatakan sikap untuk menghormati dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi, konstitusi, dan hukum dalam penyelenggaraan pemilu.

Selain itu, mereka juga berjanji untuk tidak melakukan kampanye hitam, ujaran kebencian, hoaks, dan politik identitas yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga :  Keterwakilan Perempuan Dipertanyakan, Bawaslu Diminta Selidiki KPU, Ada Pelanggaran ?

Mereka juga berkomitmen untuk menyelesaikan setiap sengketa pemilu secara konstitusional melalui mekanisme hukum yang berlaku.

  • Bagikan