Inilah 5 Makanan Unik Khas Indonesia Yang Wajib Indo Lover’s Ketahui !

  • Bagikan
Bermacam macam nama makanan yang terlihat asing di telinga dan aneh tetapi rasanya Boleh di coba (foto.kolase Indo1)

Ampiang sendiri merupakan pangan yang terbuat dari beras ketan dan ditumbuk, sedangkan dadih adalah susu kerbau yang difermentasi.

2. Gulai Siput

Mendengar kuliner gulai ayam sih udah biasa, tapi pernahkah kamu mencicipi gulai siput? Siput atau keong merupakan hama padi yang kerap dijadikan pakan bebek. Tapi, siapa yang menyangka kalau hewan yang satu ini ternyata bisa diolah menjadi masakan unik lezat.

Baca Juga :  Wisata Kuliner di Petak Enam di Chandra, Tempat Nongkrong Asyik di Glodok

Sedikit berbeda dengan keong, siput memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya gurih. Di kawasan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, olahan kuliner unik satu ini cukup populer.

3. Tempoyak

Penggemar durian wajib banget coba makanan unik di Indonesia yang satu ini. Pasalnya, tempoyak merupakan kuliner yang terbuat dari durian matang dan kemudian difermentasi. Makanan unik yang satu ini cukup populer di daerah Bengkulu, Palembang, Lampung, dan Jambi. Selain itu, kuliner unik khas Indonesia ini juga bisa kamu temukan di Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Bebek Purnama, Kuliner Bebek Goreng Legendaris di Surabaya

Untuk membuat tempoyak, durian yang sudah dilumuri garam kemudian disimpan dalam wadah tertutup selama 3 sampai 5 hari. Tempoyak yang sudah difermentasi dapat diolah menjadi sambal dengan campuran ayam atau udang, pepes, atau disantap bersama pindang. Rasanya unik dan memiliki rasa asam yang berasal dari proses fermentasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan